Kandungan Dan Manfaat Lidah Buaya

Kandungan Dan Khasiat Lidah Buaya

aloe

Kandungan lidah buaya

Aloe barbadensis Milleer atau lidah buaya yang biasa dikenal oleh masyarakat dengan nama aloe vera merupakan salah satu spesies dari tanaman lilieceae.

Sejak jaman Mesir kuno tanaman lidah buaya sudah dikenal sebagai bahan pengobatan untuk mengatasi luka bakar dan infeksi, maupun untuk perawatan kecantikan.

Klasifikasi lidah buaya

Kingdom : Platae.

Divisi : Spermatophyta.

Klas : Monocotyledoneae.

Ordo : Liliflorae.

Family : Liliceae.

Genus : Aloe.

Spesies : Aloe vera

Tanaman lidah buaya mempunyai banyak ciri khas yang unik yang membuat tanaman ini agak berbeda dari jenis tanaman yang lain, diantaranya :

  • Memiliki daun tunggal dengan helaian yang berbentuk tombak memanjang berupa pelepah dengan ukuran panjang sekitar 50 cm, lebar mulai dari 5 hingga 10 cm, dan daun yang memiliki ketebalan 2-3 cm.
  • Daun lidah buaya tidak bertulang, memiliki daging tebal dengan warna kulit hijau keabu-abuan.
  • Pada bagian luar daun terdapat lapisan semacam lilin.
  • Di dalam daun lidah buaya terdapat lendir, air dan getah (sukulen).
  • Bagian bawah daun lidah buaya berbentuk bulat atau cembung, sedangkan bagian atas daun berbentuk rata.
  • Terdapat bercak yang berwarna putih pada daun lidah buaya ataupun warna hijau pucat dimana bercak ini biasanya akan hilang pada saat daun lidah buaya dewasa tua.
  • Bagian tepi daun lidah buaya ditumbuhi duri yang tidak berwarna dan tumpul.

Bagian dari tanaman yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah bagian daun. Bagian ini memiliki sejumlah kandungan kimia yang bermanfaat bagi manusia baik dalam dunia pengobatan atau kecantikan.

Daun lidah buaya bisa dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

Kulit daun : merupakan bagian terluar yang berwarna hijau dari struktur daun.

Eksudat : merupakan getah yang keluar dari daun lidah buaya pada saat daun dipotong. Eksudat berbentuk cairan yang berwarna kuning yang memiliki rasa pahit. Bagian ini mengandung sejumlah zat yaitu glikosida (Aloins) dan 8- dihidroxianthraquinone (Aloe Emoedin).

Gel : merupakan bagian yang paling dalam dari daun yang berlendir. Gel bisa diperoleh dengan langkah menyayat bagian dalam daun setelah mengeluarkan eksudat. Di dalam gel lidah buaya mengandung sejumlah unsur-unsur antara lain : Air, karbohidrat, lemak, dan beberapa vitamin.

Berikut ini adalah komposisi lengkap dari daun lidah buaya diantaranya :

Komponen Jumlah
Kadar air 95 %
Karbohidrat (g) 0,30
Kalori (kal) 1,73-2,30
Lemak (g) 0,05-0,09
Protein (g) 0,01-0,06
Vitamin A ( IU) 2,00-4,60
Vitamin C (mg) 0,50-4,20
Thiamin (mg) 0,003-0,004
Riboflavin (mg) 0,001-0,002
Niasin (mg) 0,038-0,040
Kalsium (mg) 9,920-19,920
Besi (mg) 0,060-0,320

Khasiat Lidah Buaya

Sejak tahun 1500 Sebelum Masehi bangsa Mesir sudah menggunakan tanaman lidah buaya sebagai herbal untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini adalah manfaat dari daun lidah buaya yaitu :

1. Mengurangi gula dalam darah

Lidah buaya mengandung aloe emodin, yaitu sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta yang bermanfaat untuk mengurangi rasio gula darah.

Di dalam pengobatan tradisional India, daun lidah buaya sering digunakan untuk mengurangi glukosa darah (gula dalam darah) pada seseorang yang menderita diabetes.

2. Obat antiseptik & obat luka bakar

Bagiuan daun dan akar dari lidah buaya mengandung saponin dan flavonoid, sedangkan bagian daun lidah buaya mengandung tanin dan polifenol.

Saponin berfungsi sebagai pembersih yang sangat berguna untuk menyembuhkan luka terbuka, sedangkan tanin bisa digunakan sebagai pencegahan terhadap infeksi luka karena mempunyai daya antiseptik dan obat luka bakar. Flavonoid dan polifenol mempunyai aktivitas sebagai antiseptic.

3. Obat pencahar

Lidah buaya lateks mengandung molekul dengan efek anthranoids (pencahar yang kuat), yang sangat efektif untuk mengatasi sembelit.

4. Regenerasi kulit

Karena lidah buaya tinggi akan antioksidan (beta-karoten, flavonoid, vitamin C), maka dari itu lidah buaya juga memiliki efek anti-penuaan atau membantu regenerasi jaringan kulit.

Selain itu lidah buaya juga bisa memudarkan bekas luka dan garis-garis putih atau merah pada masa kehamilan atau strecth mark, merawat luka kecil akibat teriris pisau dan tergores serta memudarkan bintik-bintik kehitaman pada kulit.

5. Membantu pencernaan

Gel lidah buaya mampu mengusir dan membinasakan racun dan bahan asing lainnya yang biasanya menempel pada usus.

Racun dan benda asing yang menempel pada usus sangatlah berbahaya sebab mengakibatkan akumulasi limbah sehingga dapat memblokir saluran usus dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.

Manfaat lidah buaya adalah dapat menghilangkan limbah dan membantu dalam pengaturan asam. Hal tersebut dapat mencegah Anda dari menderita gangguan pencernaan dan juga dapat membersihkan darah serta meningkatkan sirkulasi normal.

 

Categories: Kandungan Bahan Nectura | Tags: , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: